Home Internasional Total 30 Kasus Sempat Dinyatakan Bebas Covid-19 Vietnam kembali Konfirmasi 9 Kasus Mayoritas WNA

Total 30 Kasus Sempat Dinyatakan Bebas Covid-19 Vietnam kembali Konfirmasi 9 Kasus Mayoritas WNA

by Nazira Khasanah

Sembilan warga negara asing yang baru terbang dari London ke Ibu kota Vietnam dinyatakan positif Covid 19. Sehingga jumlah keseluruhan kasus di negara ini mencapai 30 jiwa. Dilansir The , Kementerian Kesehatan Vietnam menyatakan pada Minggu lalu, bahwa ke sembilan turis itu diantaranya tujuh asal Inggris, satu dari Irlandia dan satu lagi dari Meksiko.

Rentang usia para pasien adalah 58 sampai 74 tahun. Semua pasien corona ini dirawat di sejumlah lokasi berbeda. Empat warga asing itu dirawat di Provinsi Quang Ninh.

Sementara itu dua orang di Lao Cai, dua orang lainnya di Kota Danang dan satu orang di Thua Thien Hue. Mereka semua sebelumnya telah melakukan perjalanan keliling Vietnam. Lalu pemerintah Vietnam melacak dan memberi tahu bahwa mereka adalah suspect yang dicurigai membawa wabah mematikan ini.

Sebab mereka diketahui terbang bersama salah satu penumpang positif Covid 19, yaitu seorang wanita berusia 26 tahun berinisial NHN. NHN terbang dari Inggris ke Hanoi menggunakan maskapai Vietnam Airlines VN0054 pada 2 Maret 2020. Dia dinyatakan sebagai pasien corona ke 17 di negara itu.

Direktur Jenderal Duong Tru Thanh mengatakan pada sebuah pertemuan Sabtu lalu, bahwa ada 201 penumpang di penerbangan yang sama dengan pasien Covid 19 itu. Termasuk diantaranya 21 penumpang di kelas bisnis dan 18 di antaranya adalah warga asing. Pada Sabtu lalu, sopir NHN (27) dan bibinya (64) juga terpapar dan menjadi kasus ke 19 dan 20 di Vietnam.

Sehari kemudian, seorang pejabat Vietnam (61) yang saat itu duduk di dekat NHN juga dikonfirmasi terpapar wabah yang sama. Sementara itu, kasus ke 18 adalah seorang pria (27) yang baru saja kembali dari Daegu, Korea Selatan. Dimana kota ini adalah pusat penyebaran virus corona di Korea Selatan.

Dia diisolasi setelah tiba di Bandara Internasional Van Don di Provinsi Quang Ninh. Dari total 30 kasus corona, ada 14 kasus aktif menurut catatan. Sebanyak 14 kasus aktif itu kini dalam kondisi yang stabil, menurut informasi dari otoritas setempat.

Melihat situasi wabah yang cukup mengancam, pemerintah Ho Chi Minh memutuskan untuk memperpanjang penutupan sekolah sampai 15 Maret. Diberitakan sebelumnya, 16 kasus pertama di Vietnam semuanya dinyatakan sehat dan dipulangkan dari rumah sakit dua minggu lalu. Per 26 Februari lalu, ke 16 pasieninidinyatakan sembuh.

Selama 19 hari terakhir mulai dari pemulangan 16 pasien itu, Vietnam memang tidak mengumumkan adanya kasus baru. Bahkan kasus terakhir, diumumkan pada 13 Februari 2020. "Jika melawan virus corona adalah perang, maka kami telah memenangkan ronde pertama."

"Tapi belum perang seluruhnya karena situasi bisa saja tak terprediksi," ujar Menteri Kesehatan Vietnam, mengutip kata kata Wakil Perdana Menteri, Vu Duc Dam pada Selasa (25/2/2020). Secara global, virus corona telah menginfeksi 91.316 orang, 3.125 di antaranya meninggal dunia dan 48.140 orang sembuh, per Selasa (3/3/2020). Perwakilan WHO di Vietnam, Kidong Park mengatakan bahwa pemerintah Vietnam memang konsisten dan proaktif dalam menanggulagi wabah ini.

Sehingga, 16 pasien pertama corona ini bisa sembuh.

You may also like

Leave a Comment