Home Lifestyle Tips Menikmati Promo 11.11 Tanpa Bikin Kantong Bolong

Tips Menikmati Promo 11.11 Tanpa Bikin Kantong Bolong

by Nazira Khasanah
Tips Menikmati Promo 11.11 Tanpa Bikin Kantong Bolong

Momen akhir tahun selalu diramaikan dengan promo-promo yang menggiurkan, terlebih promo 11.11 dan hari belanja online nasional (Harbolnas). Setiap toko akan berlomba-lomba memberi penawaran terbaik. Hal ini tentu akan membuat konsumen tergiur dan akhirnya belanja melebihi bujet. Guna menghindari hal itu, berikut tips menikmati promo tanpa bikin kantong bolong.

Buat Daftar Belanja

Ketika berbelanja kadang mata “lapar” tiap kali melihat barang yang bagus dengan diskon harga yang menggiurkan. Akhirnya, kita menjadi konsumtif, bahkan kadan membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan dan berujung over budget. Oleh sebab itu, membuat daftar belanja dapat meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Jika Anda ingin belanja untuk persiapan natal atau tahun baru, buatlah daftar apa yang yang Anda butuhkan dan hendak dibeli. Ketika sudah memiliki daftar belanja tentu akan lebih fokus saat berbelaja dan terhidar dari lapar mata. Alhasil, bujet berlebih bisa dihidari. Selain itu, membuat daftar belanja juga dapat membuat waktu lebih efisien karena sudah tahu apa yang hendak dibeli.

Tentukan Bujet

Setelah membuat daftar belanja, hal yang harus Anda lakukan adalah menghitung bujet untuk masing-masing barang dan jumlahkan. Jika total bujet melebihi anggaran yang sudah disiapkan, pertimbangkan kembali untuk menghapus barang yang tidak terlalu dibutukan. Jika jumlah bujet masih ada sisa, Anda bisa menggunakan bujet lain-lain.

Cari Informasi tentang Harga Asli

Ketika promo 11.11 atau promo lainnya, seringkali barang yang diskon masih terasa mahal, mesipun sudah didiskon hingga 90%. Mengapa demikian? Hal ni disebabkan kerena biasanya sebelum memberi diskon, pihal toko sebelumnya telah menaikan harga hingga 60% dari harga asli. Alhasil, diskon yang sebenarnya kita dapatkan hanya sekitar 10% .

Sistem seperti ini kerap kali dilakukan oleh para pemilik toko ketika hendak mengadakan diskon besar-besaran. Oleh sebab itu, sebaiknya cari terlebih dahulu informasi mengenai harga asli barang yang hendak Anda beli dari situs resmi merek tersebut.

Bandingkan Harga

Setiap toko umumnya menawarkan diskon dan promo yang berbeda, meskipun dijual di E-commerce yang sama. Oleh sebab itu, luangkan waktu Anda untuk mencari harga, diskon dan promo yang ditawarkan oleh toko lain. Ketika belanja online, pertimbangkan juga ongkos kirim yang diberikan guna mendapat harga yang lebih murah.

Perhatikan Kualitas Produk

Tak sedikit toko yang memberikan diskon untuk cuci gudang atau menghabiskan stok barang lama, bahkan ada beberapa toko yang memberi diskon lebih besar untuk barang reject. Walaupun banyak orang yang tidak keberatan membeli barang dari merek terkenal dengan kondisi sedikit lecet, selama nyaman dipakai.

Namun, tak sedikit pula yang mengharapkan mendapatkan barang tanpa cacat, sehingga kurang memperhatikan kondisi barang yang berujung pada kekecewaan dan penyesalan. Selain itu, mendapatkan barang cacat dan tidak dapat dikembalikan juga membuat uang terbuang percuma. Oleh sebab itu, telitilah sebelum membeli barang, terlebih barang diskon.

Ajak Kerabat Berburu Diskon

Selain potongan harga, adapula toko yang menawarkan promo akhir tahun dalam bentuk satu gratis satu atau beli lebih banyak untuk mendapatkan harga lebih murah. Dibanding membeli barang dengan jumlah banyak yang akhirnya tidak terpakai, lebih baik mengajak teman atau keluarga untuk berburu diskon bersama. Selain itu, Cara ini juga dapat menghemat ongkos kirim.

Demikian beberapa tips menikmati promo 11.11 tanpa membuat kantong bolong. Tips ini berlaku saat berbelanja dalam momen promo apapun. Semoga dengan tips ini Anda bisa lebih bijak dalam berbelanja dan memanfaatkan promo sebaik-baiknya.

You may also like

Leave a Comment