Home Pendidikan Tips Memilih Tempat Les Gambar untuk Anak

Tips Memilih Tempat Les Gambar untuk Anak

by Nazira Khasanah
Tips Memilih Tempat Les Gambar untuk Anak

Siapa orang tua yang tidak ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, terlebih jika anak kita memiliki bakat yang luar biasa seperti menggambar. Dukungan Anda sebagai orangtua pasti sangat dibutuhkan oleh anak. Mulai dari melengkapi alat-alat gambar hingga memberikan les anak yang menunjang hobi serta bakatnya tersebut.

Namun tahukah Anda? dalam sebuah tempat les khusus menggambar memilih orang tua tidak boleh asal-asalan, jangan sampai apa yang menjadi bakat terbaik anak yang ingin kita kembangkan menjadi terhambat, gara-gara satu dan lain hal yang salah dalam memilih tempat les anak, khususnya untuk les menggambar. Berikut tips memilih tempat les yang baik untuk anak :

Perhatikan Lokasi dan Waktu Belajar di Tempat Les

Perhitungan akan lokasi belajar adalah hal yang utama. Usahakan agar anak bisa les di tempat yang tak jauh dari rumah. Jangan sampai lokasi yang terlalu jauh dari rumah membuat anak jadi lelah dan gampang sakit. Selain itu perhatikan pula waktu belajar atau waktu lesnya. Pilih waktu les yang membuat anak nyaman dan tidak merasa terpaksa melakukannya. Ingat, anak juga masih butuh bermain dan bersosialisasi. Tidak hanya dengan teman-temannya tetapi juga dengan keluarga.

Sekalipun menggambar merupakan hobinya, namun jika anak tidak nyaman dengan pilihan waktu dan lokasi. Bukan tidak mungkin hal tersebut anak membuat anak menjadi jenuh. Misalnya, jika Anda memilih tempat les gambar yang jauh dari rumah, ada kemungkinan anak sudah cukup lelah dan bosan dengan jarak yang harus ditempuh.

Selanjutnya jika waktu yang dipilih bukanlah waktu yang nyaman seperti terlalu mepet ke jam pulang sekolah, sehingga anak tidak sempat beristirahat terlebih dahulu, ada kemungkinan hal ini juga akan mengganggu kreatifitas anak dalam mengembangkan kemampuan menggambarnya.

Perhatikan Kurikulumnya

Les yang baik adalah les yang memiliki kurikulum. Dengan melihat kurikulum yang diberikan orang tua jadi mengetahui target dan tujuan yang hendak dicapai. Dan anak pun akan mendapatkan apa yang menjadi tujuan utama mereka dalam mengembangkan bakat dan kreatifitasnya. Jadi, tidak selalu tempat les gambar hanya memberikan sketsa gambar saja sementara anak tinggal mewarnai, lebih dari itu harus ada kurikulum yang jelas tentang apa-apa saja yang akan diajarkan dan didapat anak selama belajar di tempat les tersebut.

Metode Belajarnya

Menggambar adalah produk seni. Eksplorasi akan seni pada anak akan lebih terasah jika metode belajar yang digunakan tepat. Metode belajar disini tidak hanya mencakup apa yang disampaikan atau diajarkan mentor gambar pada anak. Tetapi lebih dari itu, ada kenyamanan tempat, fasilitas dan komunikasi yang terjalin baik antar mentor dengan siswa serta tehnik-tehnik menggambar yang mudah dan bisa dikembangkan oleh anak. Jika, hal ini bisa didapat anak ketika les menggambar, maka bukan tidak mungkin prestasi anak dalam menggambar pun semakin baik.

Ada Banyak Program dan Kompetisi

Dalam mengembangkan bakat anak, sebuah tempat les yang baik adalah tempat yang dapat menyediakan beragam program dan kompetisi yang dapat mengukur sejauh mana kemampuan anak. Dengan seringnya anak mengikuti beragam perlombaan dan kompetisi yang diadakan lembaga kursus atau tempat lain diluar lembaga tersebut, anak semakin terasah kemampuannya. Adapun hal-hal yang kurang dari diri si anak akan mendapat kritik dan saran yang membangun dari sang mentor.

Demikianlah tips memilih tempat les gambar yang baik untuk menunjang bakat dan kreatifitas anak. Hanya dengan dukungan dari orangtua, bakat dan kreatifitas anak yang luar biasa itu bisa terasah dengan baik.

You may also like

Leave a Comment