Home Travel Tempat Wisata Kekinian Dengan View Gunung Merapi Bukit Klangon

Tempat Wisata Kekinian Dengan View Gunung Merapi Bukit Klangon

by Nazira Khasanah

Sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, keberadaan Gunung Merapi tak serta merta menjadi momok masyarakat. Justru, dari Merapi, banyak rezeki yang bisa dipetik. Tidak hanya dari Sumber Daya Alam (SDA)nya saja, tapi juga sektor pariwisata.

Di sekitar Gunung Merapi, tak sedikit spot yang dijadikan destinasi wisata kekinian. Ada wisata susur lereng Merapi menggunakan Jeep hingga museum yang mengabadikan momen saat gunung itu meletus. Salah satu tempat wisata di lereng Merapi yang sedang hangat dibicarakan adalah<span></span>BukitKlangon.

Bukit ini sebenarnya adalah gardu pandang Merapi. Tak heran, kamu bisa melihat gagahnya Merapi dari spot ini karena jaraknya hanya 4 km dari gardu pandang. Bukit ini terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Hanya berjarak kurang lebih satu jam dari Kota Yogyakarta. Sesampainya di sini, kamu akan disapa oleh suasana sejuk khas pegunungan dengan angin semilir yang menyegarkan. Sebaiknya, kamu datang di pagi hari agar bisa menikmati kehangatan matahari menerpa kulit dan menambah vitamin.

Karena menawarkan panorama alam yang hijau, tak jarang kamu akan mendengar cuitan burung burung yang melintas. Ini mampu membuat kamu lupa dengan padatnya kota dan tekanan saat bekerja. Tak lupa, siapkan kamera dan baterai yang penuh.

Meski ini adalah gardu pandang, tetapi foto dengan latar belakang Gunung Merapi bukanlah sesuatu yang bisa dilewatkan begitu saja. Paduan matahari dan hijaunya Merapi menjadi racikan sempurna untuk unggahan foto Instagram berikutnya. Seperti daerah Merapi lainnya,<span></span>BukitKlangon<span></span>tak luput dari suhu yang cukup dingin.

Maka, meski sudah siang hari, namun angin yang menerpa tetap saja dingin. Disarankan kamu membawa jaket untuk menghalau udara yang lebih dingin daripada di kota. Bagi penyuka downhill, kamu bisa mencoba jalur yang mampu memacu adrenalin ini dengan panjang trek sekitar 20 km plus dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter.

Dengan trek sepanjang ini, pesepeda bisa menempuh waktu sekitar 1.5 jam. Berapa harga yang harus dibayar untuk mendapat swafoto yang bagus di sini? Murah saja, kamu hanya perlu merogoh kocek untuk parkir, senilai Rp 2000 5000 untuk sepeda motor maupun mobil.

Tak ada biaya masuk, alias gratis!

You may also like

Leave a Comment