Home Techno Sutradara ‘Star Wars’ Rian Johnson Bikin Film Pendek Dengan iPhone 11 Pro Bagaimana Hasilnya

Sutradara ‘Star Wars’ Rian Johnson Bikin Film Pendek Dengan iPhone 11 Pro Bagaimana Hasilnya

by Nazira Khasanah

Simak penjelasan sutradara Star Wars yang nekad bikin film pendek dengan handphone iPhone 11 Pro. Sutradara film Star Wars: The Last Jedi, Rian Johnson membuat sebuah film pendek hanya bermodalkan handphone. Rian Johnson membuat film pendek terbarunya berjudul Paris 9/19.

Uniknya, Rian Johnson membuat film pendek tanpa mengunakan kamera atau alat rekam profesional. Rian justru menggunakan iPhone 11 Pro, salah satu varian iPhone teranyar yang rilis bulan September lalu. Pada video berdurasi 1 menit 48 detik itu, Rian membidik beragam sudut kota Paris melalui kamera wide angle iPhone 11 Pro, diperkaya dengan nuansa musik instrumental piano.

Video tersebut juga diunggah Rian melalui jejaring sosial Twitter. "Saya biasanya melihat pembaruan kamera hanya peningkatan kecil saja, namun lensa wide angle (iPhone 11 Pro) mengubah itu," ujar Rian. Paris 9/19 sendiri adalah film berdurasi pendek.

"Lalu, apakah Rian akan membuat film berdurasi panjang atau film bioskop seperti film Unsane buatan sutradara Steven Soderbergh yang direkam menggunakan iPhone juga?" tanya salah satu akun Twitter pada Rian. Rian pun menjawab tidak menutup kemungkinan untuk hal tersebut dia masa mendatang. Unsane merupakan film bioskop bergenre horor yang dibuat oleh sutradara Hollywood ternama, Steven Soderbergh.

Saat itu Steven hanya menggunakan handphone Apple, yakni iPhone 7 plus. Film tersebut tayang pada bulan Maret 2018 lalu di seluruh dunia. Selain Rian, sutradara film The Adjustment Bureau, George Nolfi, juga ikut membuat film pendek menggunakan iPhone 11 Pro berjudul Tough Crowd.

Berbeda dengan Rian yang menjadikan kota sebagai objek di film pendeknya, Nolfi justru menggunakan seorang bocah sebagai subyek di dalam filmnya. Film pendek bikinan Nolfi bercerita tentang seorang bocah yang berusaha untuk menarik perhatian orang sekitar dengan trik dan kemampuan bermain sepak bolanya. IPhone dan Android lawas sudah tak bisa pakai WhatsApp, cek versi ponselmu.

WhatsApp dilaporkan sudah tidak akan mendukung ponsel Android versi Gingerbread dan<span></span> <span></span>iPhone iOS 8, serta versi sebelumnya. Dilansir dari Gizmochina dan pengumuman blog WhatsApp, dukungan Android Gingerbread berakhir pada 1 Februari 2020. Aplikasi pesan instan akan tetap bekerja pada perangkat yang lebih lama tetapi pengguna tidak akan lagi dapat mendaftar atau memverifikasi ulang akun.

Dan semua dukungan pada versi versi ini akan berhenti setelah beberapa minggu. Angka distribusi Android terbaru menunjukkan bahwa 0,3 persen perangkat yang menggunakan WhatsApp masih dijalankan di Android Gingerbread. Berarti sekitar 3,9 juta perangkat aktif yang menjalankan perangkat lunak berusia 10 tahun.

Dibandingkan dengan 1,3 miliar smartphone Android yang terjual hingga saat ini, jumlah smartphone yang menjalankan Gingerbread tampaknya sangat kecil. Pada Mei lalu, pihak WhatsApp sudah menyebutkan bahwa dukungan iOS 7 yang lebih lawas bakal dicabut pada tanggal yang sama. Artinya, perangkat iPhone 4 keluaran 2010 yang memang mandek di iOS 7 dan tidak dapat diperbarui ke OS versi berikutnya tak akan bisa lagi menjalankan WhatsApp mulai tahun depan.

IPhone 4S (2011) yang setahun lebih muda dari iPhone 4 akan tetap bisa menjalankan WhatsApp karena mendukung hingga iOS 9. Versi OS tersebut menjadi syarat minimal agar WhatsApp bisa bekerja di iPhone. Penghentian update WhatsApp juga berlaku untuk iPhone yang menjalankan iOS 8, yang juga akan melihat dukungan WhatsApp berakhir pada 1 Februari 2020.

Pengguna iPhone yang masih menggunakan iOS 8 perlu memperbarui ke versi perangkat lunak yang lebih baru (jika tersedia), Atau bisa mendapatkan perangkat baru dengan iOS 9 atau diatasnya jika mereka ingin mendapatkan semua fitur WhatsApp di ponsel mereka. Perusahaan milik Facebook tersebut mengatakan: "Di iOS 8, Anda tidak lagi dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada".

Pesan selanjutnya menyarankan pengguna mendapatkan perangkat dengan versi terbaru dari perangkat lunak, yaitu iOS 13.1. "Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponsel Anda", kata WhatsApp. Perusahaan tersebut juga memperingatkan terhadap kemungkinan bahaya dari perangkat yang dipenjara, dengan mengatakan:

“Kami tidak secara eksplisit membatasi penggunaan perangkat yang terkunci." "Namun, karena modifikasi ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda, kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan versi modifikasi dari sistem operasi iPhone ", tambahnya. Pada tanggal 1 Februari mendatang, Android Gingerbread akan berusia 10 tahun.

Namun untuk saat ini, sangat sedikit pengguna Android Gingerbread yang mungkin harus mendapatkan ponsel baru, OS yang sudah berusia hampir satu dekade. Dengan Android 10 yang sudah berlimpah, tidak ada alasan untuk tidak beralih ke perangkat baru, terutama dengan semua ponsel murah yang tersedia sekarang.

You may also like

Leave a Comment