Home Lifestyle Simak Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Bantat Resep Menu Lebaran Ketupat Sayur

Simak Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Bantat Resep Menu Lebaran Ketupat Sayur

by Nazira Khasanah

Berikut resep menu lebaran Ketupat Sayur, simak juga tips agar ketupat tahan lama dan tidak bantat. Ketupat Sayur merupakan satu dari beberapa sajian favoritsaat lebaran. Menu masakan Ketupat Sayur ini bisa dijadikan pilihan hidangan saat berkumpul bersama keluarga.

Namun, perlu juga diperhatikan cara pembuatan ketupat agar bisa tahan lama dan tidak bantat. Waktu yang diperlukan untuk memasak kurang lebih 60 menit. Resep ini bisa disajikan untuk 6 porsi.

Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, dan ebi sampai harum. Tambahkan labu siam dan kacang panjang kemudian aduk sampai layu. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang.

Sajikan bersama ketupat, semur tahu dan telur. Taburkan bawang merah goreng dan kerupuk kanji. Menggunakan beras yang berkualitas, tentu hasil ketupat juga akan bagus dan tidak mudah basi.

Ciri ciri yang paling mudah untuk melihat kualitas beras yakni bentuknya bagus dan tidak mudah patah, tidak bau, bersih dan tidak berkerikil. Cuci berasnya dengan air kapur sirih, kemudian dibilas sampai bersih, ditaburi sedikit garam lalu diaduk rata. Tujuan di cuci dengan air kapur sirih ini agar ketupat/lontong gempi/kenyal.

Rendam beras beberapa saat kira kira 30 menit. Takaran yang pas mengisi beras ke dalam kulit ketupat adalah sebanyak 2/3 maksimal 3/4 bagian ketupat. Waktu penyajian dan pengolahan ketupat tidak boleh terlalu lama.

Paling tidak buat ketupat dua hari sebelum waktu penyajian. Saat merebus ketupat, pastikan seluruh bagian ketupat sudah benar benar terendam air agar dapat matang sempurna. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus ketupat antara empat hingga lima jam.

Sesekali tambahkan air mendidih bila air di panci sudah berkurang. Menggunakan panci presto memang akan membuat ketupat jadi lebih cepat matang. Namun konsistensinya akan berbeda jauh dengan ketupat yang dimasak dengan kompor.

Salah satunya adalah ketupat bisa jadi lebih lembek daripada biasanya. Begitu diangkat dari rebusan, segera guyur ketupat dengan air bersih yang dingin (langsung di bawah keran air) untuk menghilangkan sisa air rebusan, lalu gantung dan ‘angin anginkan’ sampai dingin. Hal ini ternyata dapat membuat ketupat menjadi lebih tahan lama.

Ketupat yang digantung bertujuan untuk menghilangkan kandungan air yang masih tertinggal. Selain menggantung ketupat, memasukkan ketupat ke dalam lemari pendingin juga membuat ketupat menjadi tahan lama. Caranya cukup bungkus ketupat dengan plastik, kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin.

Namun, perhatikan apakah plastik yang digunakan dalam keadaan baik atau berlubang. Karena jika plastik yang digunakan berlubang maka ketupat bisa basah dan menjadi cepat basi.

You may also like

Leave a Comment