Home Kesehatan Siapkan 2 Bahan & Ikuti Langkah Mudahnya Cara Membuat Masker Kain di Rumah buat Cegah Virus Corona

Siapkan 2 Bahan & Ikuti Langkah Mudahnya Cara Membuat Masker Kain di Rumah buat Cegah Virus Corona

by Nazira Khasanah

Penggunaan masker kain kini sedang dianjurkan pemerintah guna meminimalisir penularan virus corona. Pemerintah mengimbau agar masyarakat menggunakan masker saat berada di luar rumah. Karena jumlah masker yang semakin terbatas, maka masyarakat disarankan untukmengenakan masker kain.

Pembuatan masker kain ternyata dapat menggunakan bahan bahan umum yang mudah ditemukan di rumah. Saat membuat masker, hal yang perlu diperhatikanadalah mengenai lapisan lapisan masker. Masker dengan lapisan luar yang halus, lapisan tengah yang tebal, dan terjalin erat seperti nilon atau kapas.

Disarankan untuk tidak menggunakan wol atau kain lain yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Kemudian hal terpenting untuk membuat maskeradalahmembentuk ukuran yang pas di mulut dan hidung. Tujuannya agar partikel tidak bisa masuk melalui celah pada kain.

Berikut bahan serta langkah demi langkah membuat masker kain berdasarkan petunjuk dari Vanderbilt University Medical Center dan Froedtert & Medical College of Wisconsin yang dikutip dari edition.cnn.com : 1. Potong kain menjadi dua persegi panjang 9 x 6 inci. Tempatkan mereka di atas satu sama lain. 2. Di bagian atas sisi yang panjang, pin atau tandai lubang 4 lubang yang disudut kain.

3. Kemudian juga empat sisi masker lainnya. 4. Putar keluar sisi kanan masker melalui lubang 2 inci yang tinggalkan di atas. Lalu, tekan maskermenggunakan setrika untuk merapikan bagian pinggirnya. 5. Luruskan secara vertikal di sepanjang sisi masker. Jepit di mana akan menjahit lipatan pada bagian samping. Lipatan ini membantu peregangan masker.

6. Jahit sisi masker tiap lapisannya hingga lipatan rata. Membuat ikatan masker 1. Potong 2 helai pita

2. Lipat menjadi dua memanjang. 5. Jepit masing masing helai kain di sudut masker bagian pinggir Seperti yang diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tetapmengenakan masker saat keluar rumah.

Dikutip melalui laman covid19.go.id , pada konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19, Achmad Yurianto, mengatakan hal tersebut juga merupakan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) . Ia mengimbau masyarakat untuk mengikuti dari kemondasi WHO mengenai penggunaan masker saat keluar rumah. “Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Sehingga masyarakat disarankan lebih bijak untuk menggunakan masker kain saat keluar rumah. Hal ini lantaran masker kain dapat dicuci serta digunakan berkali kali. “Masker kain bisa dicuci. Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan agar lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus corona, maka disarankan tidak digunakan lebih dari empat jam. Selain itu bertujuan agar masyarakat umum tidak menggunakan masker bedah dan N 95 yang sekali pakai. Pasalnya, masker tersebut ditujukan untuk petugas medis.

Dirinya juga meminta agar masyarakat untuk tetap saling mengingatkan jika terpaksa harus keluar rumah untuk tetap menggunakan masker. “Kami meminta, mulai hari ini gunakan masker untuk semua. Saling mengingatkan kalau ada yang tidak pakai masker, menunda kepentingan di luar rumah, rencana kepergian, dan berkomunikasi sosial menggunakan jaringan telekomunikasi yang kita miliki,” tutup Yuri.

You may also like

Leave a Comment