Home Seleb Penampakan Kacamata Mulan Jameela yang Ditegur KPK Berpotensi Gratifikasi Berapa Harganya

Penampakan Kacamata Mulan Jameela yang Ditegur KPK Berpotensi Gratifikasi Berapa Harganya

by Nazira Khasanah

Artis Mulan Jameela mendapat teguran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait unggahannya di Instagram. Mulan Jameela yang belum genap satu bulan menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra sudah mendapat terkait unggahan kacamata. Unggahan Mulan Jameela melalui akun @mulanjameela ini mengunggah tiga kacamata endorsement bermerek Gucci, Kamis (17/10/2019).

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegur Mulan Mulan Jameela. Saut menyarankan agar setiap penyelenggara negara yang menerima endorsement harus melapor ke Direktorat Gratifikasi KPK. "Ya seperti itu sebaiknya harus dilaporkan dulu. Nanti KPK akan lakukan klarifikasi dalam konteks apa pemberian tersebut apakah dalam kaitan business to business atau apa dan lain lain," ujar Saut saat dihubungi wartawan Kompas.com , Jumat (18/10/2019).

Menurut Saut, laporan tersebut akan diklarifikasi Direktorat Gratifikasi di KPK. Saut menyatakan, pemberian hadiah yang sifatnya gratis ke penyelenggara negara berpotensi menjadi pidana jika tak dilaporkan dalam batas waktu 30 hari ke Direktorat Gratifikasi KPK. "Kita mengacu pada Undang Undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 12B Ayat 1. Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi karena gratifikasi walau bukan suap akan tetap bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," katanya.

Atas dasar aturan di undang undang itu, Saut mempersilakan agar Mulan bisa melaporkannya ke KPK. Nantinya, Direktorat Gratifikasi KPK yang akan menilai apakah barang tersebut patut menjadi hak Mulan atau menjadi milik negara. "Tim KPK yang akan mengkaji. Apa filosofis, sosiologis dan yuridisnya di balik beri memberi gratis ini. Yang mau diambil ialah agar orang orang baik menjadi tetap baik, untuk mbak Mulan misalnya" kata Saut.

"Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya akan memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia di masa depan," lanjut dia. Pelaporan pemberian sesuatu ke Direktorat Gratifikasi KPK, kata Saut, juga demi mencegah seseorang terjerat tindak pidana korupsi karena penerimaan gratifikasi. Hal ini juga upaya KPK menjaga penyelenggara negara untuk tetap baik.

"Jadi harus dipahami adalah tugas KPK juga untuk menjaga orang orang baik seperti Mulan agar tetap baik sampai akhir karir politik ya," terang Saut. Saut menjelaskan, langkah langkah KPK ini disebutnya sebagai politik cerdas berintegitas dalam konsep SIPP (Sistem Integritas Partai Politik). "Dibuat oleh KPK dan sudah disampaikan ke semua parpol belakangan ini," katanya, seperti dikutip dari Kompas.com .

Ini penamapakan kacamata yang diunggah Mulan Jameela dalam akun Instagramnya. "Bismillahirrahmanirrahim…Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya…," demikian caption foto tersebut. Dalam laman Optikseis.com, kacamata yang menyerupai milik Mulan Jameela tersebut berharga sekitar Rp 5,6 juta.

Menanggapi hal tersebut Mulan segera mengklarifikasi unggahannya tersebut. Menurut Mulan Jameela, hal itu merupakan permintaan dari pihak online shop yang mengendorse nya. Melalui Instagram Storu, Mulan pun menuliskan klarifikasi sekaligus permintaan maafnya.

"S aya ucapkan terimakasih utk Bapak Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif utk saya secara pirbadi. Dan ini bisa jadi pelajaran utk semua pihak ." Alhamdulillah sudah saya klarifikasi bahwa postingan itu terjadi kesalahan input caption yg sdh di kirim oleh pihak OL shop tanpa admin atau pihak saya filter terlebih dahulu " Kemudian dalam Instasory selanjutnya Mulan Jameela menambahkan pernyataannya tersebut.

OL Shop yg berkaitan dgn paid promote kacamata meminta saya utk menghapus paid promote tersebut demi kenyamanan semua pihak. " Ini adalah pelajaran bagi admin dan saya untuk lebih berhati2 memfilter caption paid promote untuk di posting agar tidak menimbulkan kesalahfahaman. Terimakasih atas pengertiannya ," tulis Mulan Jameela dalam sebuah cuplikan IG Story.

You may also like

Leave a Comment