Home Travel Negara yang Terkurung Daratan di Eropa Barat Daya Fakta Unik Andorra

Negara yang Terkurung Daratan di Eropa Barat Daya Fakta Unik Andorra

by Nazira Khasanah

Andorra adalah kerajaan kecil yang terletak di pegunungan tinggi Pyrenees di Eropa barat daya. Banyak hal menarik yang mungkin belum pernah kamu tahu tentang Andorra. Fakta unik Andorra ini terkait dengan geografis, penduduk dan budayanya.

1. Andorra adalah negara yang terkurung daratan di Eropa barat daya. 2. Andorra adalah satu negara teraman di dunia dengan pencopetan, pencurian mobil, dan insiden perilaku yang hampir nol. 3. Andorra, menurut beberapa perkiraan, adalah negara tertua ke 14 di dunia.

4. Kantor pemerintah, pengadilan, dan penjara bertempat di "House of the Valleys," yang dibangun pada 1580 di Andorra la Vella, ibu kota Andorra. 5. Anggaran militer negara tergantung pada sumbangan sukarela. 6. Andorra adalah kerajaan (wilayah yang diperintah oleh seorang pangeran).

7. Ibukota Andorra, Andorra la Vella, adalah ibu kota tertinggi di Eropa dengan ketinggian 1.023 meter. 8. Andorra juga satu satunya negara di dunia di mana Catalan adalah bahasa resmi. 9. Andorra bukan anggota resmi Uni Eropa.

10. Menurut CIA, Andorra menempati urutan kedelapan dalam harapan hidup secara keseluruhan di dunia, dengan Monaco di atas dan Chad di bagian bawah daftar. 11. Satu teori menunjukkan Andorra berasal dari bahasa Arab al durra, yang berarti, "Mutiara." 12. Pada 1933, Andorra diduduki oleh Prancis.

13. Negara ini menjadi rute penyelundupan penting antara Vichy, Prancis , dan Spanyol selama Perang Dunia II. 14. Andorra menjadi anggota PBB dan Dewan Eropa pada 1993. Sistem politik negara itu juga dimodernisasi pada tahun yang sama. 15. Bermain ski adalah olahraga populer di negara ini, menarik jutaan wisatawan setiap tahun.

Vallnord dan Grand Valira adalah dua area ski yang populer di negara ini. 16. Kartu Asuransi Kesehatan Eropa (EHIC), tidak menyediakan perlindungan kesehatan di Andorra. 17. Karena ketinggiannya yang tinggi, lembah utara di negara ini benar benar turun salju selama beberapa bulan dalam setahun.

18. Andorrans adalah minoritas di negara mereka sendiri. Diperkirakan dua pertiga dari populasi Andorran adalah tanpa kewarganegaraan Andorran. Mereka tidak diizinkan untuk memilih atau dipilih sebagai presiden.

19. Warga negara Spanyol menyumbang hampir 43% dari populasi Andorra. 20. Arinsal adalah kota terkecil di negara ini, dengan populasi 1.555. 21. Andorra juga merupakan negara terkecil keenam di Eropa dan negara terkecil keenam belas di dunia.

22. Hanya 5% dari tanah di Andorra yang subur. 23. Tidak ada pajak penghasilan atau warisan. 24. Konstitusi Andorra mulai berlaku pada 28 April 1993.

25. Coma Pedrosa, pada 2.942 meter adalah gunung tertinggi (titik tertinggi) di negara ini. 26. Tidak ada bandara di negara ini. Aksesibilitas untuk penumpang internasional disediakan oleh bandara terdekat yang berlokasi di Spanyol dan Prancis.

27. Di Andorra, wanita hidup lebih lama daripada pria. 28. Undang undang Andorran mengharuskan lelaki berbadan sehat tertua di sebuah rumah menyimpan senapan untuk digunakan ketika dibutuhkan untuk perlindungan nasional. 29. Negara ini memiliki pasukan hanya 12 orang.

Sangat menarik untuk dicatat tentara ini tidak pernah berperang selama lebih dari 700 tahun. 30. Negara ini memiliki medan yang keras dan pegunungan. 31. Undang undang pendidikan mewajibkan kehadiran di sekolah untuk anak anak hingga usia 16 tahun.

32. Di Andorra, hidangan dan makanan laut berbasis daging babi sangat populer. Orang orang di wilayah itu juga makan siput dengan sangat senang. 33. Jalan raya pertama dibangun di negara itu pada tahun 1911.

Ini menghubungkan kota Spanyol La Seu de Urgell dengan negara itu.

You may also like

Leave a Comment