Home Nasional Mahfud MD Sindir Pemerintah Daerah Rajin Mendramatisir Persoalan Virus Corona

Mahfud MD Sindir Pemerintah Daerah Rajin Mendramatisir Persoalan Virus Corona

by Nazira Khasanah

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyoroti pemerintah pemerintah daerah (Pemda) yang dianggap terlalu mendramatisir persoalan virus corona. Menurut Mahfud MD ada banyak pejabat daerah yang justru membuat khawatir masyarakat dengan memberikan pernyataan melalui konferensi pers meski belum jelas perkaranya. Karena itu, kata Mahfud, informasi mengenai virus corona sendiri kini dipusatkan melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Soal informasi penanganan coronanya itu sendiri sekarang informasinya itu terpusat di Kemenkes. Diharapkan juga pemerintah jangan terlalu mendramatisir persoalan, terutama pemerintah pemerintah daerah itu. Ada sesuatu yang belum jelas sudah konferensi pers corona," ujar Mahfud MD, di Kemenkopolhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020). Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut kemudian menyinggung Plt Bupati Cianjur Herman Suherman yang mengumumkan identitas pasien suspect corona. Namun ternyata pasien tersebut pada akhirnya tidak terinfeksi virus corona. "Seperti di Cianjur itu, tadi katanya corona mengkhawatirkan. Ini baru diumumkan ternyata itu nggak ada, nggak terinfeksi corona. Ini baru disiarkan di TV barusan," kata dia.

Oleh karenanya, Mahfud mengatakan agar setiap pemerintah daerah untuk membuat situasi tidak menakutkan dan tetap tenang atau biasa biasa saja. Dia juga mengingatkan agar semua pihak berhati hati dalam memberi keterangan dan tak mendramatisir. "Supaya berhati hati memberi keterangan itu, jangan terkesan ingin mendramatisir atau mencari panggung. Masyarakat harus ditenangkan, pemerintah siap dan mampu menangani masalah corona itu," tandasnya.

You may also like

Leave a Comment