Home Kesehatan Kenali Gejala Dan Penyebabnya Bayi Kartika Putri Dan Habib Usman Idap Sakit Kuning Hingga Disinar Biru

Kenali Gejala Dan Penyebabnya Bayi Kartika Putri Dan Habib Usman Idap Sakit Kuning Hingga Disinar Biru

by Nazira Khasanah

Baru berusia satu minggu, buah hati Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya menderita penyakit kuning. Kini putri pertama Kartika Putri harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Kenali gejala dan penyebab penyakit kuning yang tengah dialami putri Habib Usman dan Kartika Putri.

Baru saja bahagia, kini Kartika Putri dibuat cemas dengan kondisi sang putri yang tengah di rawat di rumah sakit. Kabar kurang mengenakkan datang dari pasangan Kartika Putri dan Habib Usman. Pasalnya, buah hati Kartika Putri dan Habib Usman, Syarifah Khalisa Agnia Bahira kini tengah menderita sakit.

Bahkan bayi mungil Kartika Putri ini hingga mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit. Hati Kartika Putri dibuat hancur saat melihat putri mungilnya harus mengalami suntikan dan beberapa tindakan dari rumah sakit. Melalui tayangan Instagram storiesnya, Kartika Putri menunjukkan potret putrinya tengah berada di sebuah rumah sakit.

Istri Habib Usman ini mengunggah foto sang putri yang wajahnya masih ditutupi. Tak hanya itu Kartika Putri juga memohon doa untuk kesembuhan putrinya. "Baby @khalisaworld harus dirawat inap, mohon doanya ya," tulis Kartika Putri dengan emoji menangis.

Tak hanya itu ibu sambung bagi ketiga buah hati Habib Usman ini juga mengunggah foto sang putri yang tengah mendapat tindakan dari rumah sakit. Tampak foto Khalisa sedang berada di dalam box bayi. Putri mungil Kartika Putri ini terlihat tengah mendapat sinar biru.

Melalui unggahannya tersebut, mantan kekasih Erick Iskandar ini pun mengungkapkan bagaimana perasaannya. Kartika Putri mengaku sangat sedih melihat putrinya harus berada jauh darinya. Bahkan istri pemilik Pemimpin Majelis Bin Yahya Daarul Fadhililah ini juga mengungkapkan kondisi sang putri yang hanya tenang saat berada dekat dengannya.

"Mohon doa nya ya buat kesehatan @khalisaworld biar cepet sehat dan pulang kerumah dan pelukan sm aku all the time lagi sedih liatnya gelisah dan ga nyaman .. pas dipeluk saat menyusui @khalisaworld lsg tenang lagi.. mohon doa yang setulus tulus nya ya buat Khalisa Aghnia [email protected] makasih syg selalu kuatin aku dan jagain @khalisaworld," tulis Kartika Putri. Dari unggahannya, diketahui bahwa putri Kartika Putri ini sedang menderita penyakit kuning pada bayi. Tindakan sinar biru sendiri diketahui hanya diberikan kepada bayi yang tengah mengidap penyakit kuning.

Gejalanya antara lain kulit dan mata yang menguning, warna urine lebih pekat, padahal air seni bayi baru lahirnya harusnya tidak berwarna, pun tinja bisa berwarna lebih pucat. Bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi saat sel darah merah dipecah. Dan umumnya bayi baru lahir mengolah sel darah merah menjadi bilirubin lebih tinggi.

Bilirubin bergerak dalam aliran darah menuju ke hati. Organ hati mengolah bilirubin agar bisa dikeluarkan tubuh melalui tinja. Dalam kondisi ini organ hati pada bayi baru lahir belum sepenuhnya berfungsi layaknya orang dewasa.

Ketidakmampuan hati dalam menyingkirkan bilirubin secara maksimal dapat memicu tingginya kadar bilirubin dan menjadi penyebab bayi kuning. Sebagian besar bayi mengalami penyakit kuning ringan atau penyakit kuning fisiologis. Biasanya, kondisi ini akan membaik dalam waktu satu hingga dua atau tiga minggu tanpa menimbulkan masalah.

Seiring dengan pertumbuhan bayi dan perkembangan fungsi organ tubuhnya, bayi semakin lama akan dapat mengolah bilirubin dengan lebih baik sehingga kuning fisiologis akan hilang dengan sendirinya. Namun begitu, kuning pada bayi harus ditangani dengan serius. Pasalnya, jika kadar bilirubin tetap tinggi dan tidak diobati, jaundice bisa menyebabkan kerusakan otak yang disebut kernicterus.

Kernicterus yaitu kondisi di mana kadar bilirubin dalam tubuh bayi sangat tinggi sehingga menumpuk di otak dan menimbulkan gangguan, cerebral palsy, dan tuli. Jika penyakit kuning berlangsung lebih dari tiga minggu, kemungkinan penyakit kuning sebagai gejala dari kondisi lain yang mendasarinya. Kondisi bayi Kartika Putri ini pun membuat beberapa rekan artis ikut khawatir.

Beberapa dari mereka pun turut mendoakan kesehatan sang putri kecil Habib Usman. @fitrop,"cepet sembuh Khalisaaaa @methayuna,"syafakillah @khalisaworld ..yg sabar bunda sayang, trs doa ya @kartikaputriworld.

@vegadarwanti123,"Cepeet Sehat Kembali Khalisa ." Cepat sembuh untuk Syarifah Khalisa Agnia Bahira, buah hati Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya.

You may also like

Leave a Comment