Home Travel Kebijakan Lintas Batas Singapura Terkait Penanganan Penyebaran Virus Corona dari Besok

Kebijakan Lintas Batas Singapura Terkait Penanganan Penyebaran Virus Corona dari Besok

by Nazira Khasanah

Kebijakan baru dari Pemerintah Singapura terkait penanganan penyebaran virus corona (covid 19). Seluruh pengunjung short term (bebas visa 30 hari) tidak diizinkan untuk masuk atau sekedar transit di Singapura. Kebijakan ini berlaku mulai besok, Senin (23/3/2020) pukul 23.59 waktu setempat.

Menurut unggahan yang diposting pada akun Instagram @safetravel.kemlu, Pemerintah Singapura akan mengizinkan masuk atau kembalinya warga negara asing pemegang izin kerja ( work pass ). Lewat foto yang diunggah pada Minggu (22/3/2020), warga negara asing akan diizinkan masuk ke Singapura apabila memegang dependent pass bagi individu yang menyediakan layanan publik esensial. Seperti di bidang kesehatan dan transportasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, WNI diimbau untuk menunda perjalanan ke Singapura dalam waktu dekat. Bagi WNI yang telah berada di Singapura juga diharapkan agar selalu mengikuti imbauan dari Otoritas setempat serta meningkatkan kewaspadaan untuk pencegahan penyebaran virus corona (covid 19). Kebijakan serupa juga diberlakukan di Thailand dan Selandia Baru.

Setiap WNI yang akan pergi ke Thailand dan sekedar transit penerbangan di Thailand wajib memiliki health certificate bebas covid 19 yang dikeluarkan 72 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, penumpang pesawat juga wajib mempunyai asuransi mencakup resiko covid 19 dengan nilai pertanggungan minimal 100.000 USD. Imbauan tersebut berlaku mulai hari ini, Minggu (22/3/2020).

Kedua syarat itu harus ditunjukkan ketika check in dari bandara negara asal. Hal tersebut perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan boarding pass pesawat menuju Bangkok. Disebutkan juga, Pemerintah Indonesia telah mengimbau semua WNI untuk membatasi bepergian ke luar negeri kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak dapat ditunda.

Oleh sebab itu pentingnya traveler menyimak imbauan ini untuk menjaga keselamatan dan mematuhi peraturan. Sehingga bagi traveler yang berencana pergi ke Thailand dalam waktu dekat diimbau untuk mengikuti kebijakan yang berlaku. Di saat yang hampir bersamaan, Perdana Menteri Selandia Baru mengumumkan larangan bagi warga negara asing untuk masuk ke sana.

Imbauan ini efektif diberlakukan mulai Kamis (19/3/2020) pukul 23.59 waktu setempat. Selain turis, kebijakan tersebut berlaku juga bagi pemegang visa temporer seperti pelajar dan pekerja tidak tetap. Sehubungan dengan hal tersebut, bagi warga negara Indonesia yang berencana melakukan perjalanan ke Selandia Baru diimbau agar ditunda.

Kebijakan itu akan ditetapkan hingga batas waktu yang belum ditentukan oleh pihak Perdana Menteri Selandia Baru. Sehingga warga negara Indonesia diharap untuk menunggu informasi lebih lanjut.

You may also like

Leave a Comment