Home Kesehatan Hindari Kopi & Alkohol Atur Porsi Makan 4 Pola Makan yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Hindari Kopi & Alkohol Atur Porsi Makan 4 Pola Makan yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

by Nazira Khasanah

Beberapa makanan bisa menyebabkan gangguan tidur, begitu juga pola makan yang salah dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak. Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur akan berpengaruh dengan kualitas tidur di malam hari. Beberapa makanan bisa membuat tidur tidak nyenyak bahkan bisa membuat tidak bisa tidur atau insomnia.

Berikut ini adalah pola makan yang bisa membantu agar tidur menjadi nyenyak, dilansir dari kompas.com. Kafein mempunyai efek yang berbeda beda tergantung pada sensitifitas orang terhadap kafein. Jika ingin tidur nyenyak, hindari kafein karena kafein akan membuat kita terus terjaga.

Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Lebih baik ganti minuman yang mengandung kafein dengan air putih sebelum tidur agar kualitas tidur menjadi baik. Walaupun alkohol bisa membuat badan sedikit rileks dan mengantuk, Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur bukanlah hal yang baik.

Proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan cepat jika kita minum alkohol dan akan mengganggu tidur. Berdasarkan hasil studi American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa mengkonsumsi makan malam yang memiliki karbohidrat yang tinggi akan membuat tidur lebih berkualitas. Makanan yang mempunyai karbohidrat kompleks dapat meningkatkan serotonin yang membuat kita rileks.

Jika ingin tidur nyenyak maka aturlah porsi makan dan jam makan yang tepat Makan terlalu sedikit di siang hari akan menyebabkan lapar di malam hari sehingga akan membuat kita makan di malam hari. Makan malam hari akan mengurangi kualitas tidur karena pencernaan kita akan bekerja saat kita akan tidur.

<span ></span> Kesulitan tidur atau<span ></span>insomnia<span ></span>menjadi hal yang ditakuti oleh banyak orang, khususnya orang yang memiliki kesibukan rutin di pagi hari. Menurut para ahli,<span ></span>insomnia<span ></span>bisa disebabkan oleh banyak faktor. Gaya hidup, kondisi kamar, kondisi psikologis hingga efek obat obatan.

Ada makanan yang jika dimakan bisa menyebabkan kesulitan tidur. Berikut ini adalah makanan yang dapat menyebabkan sulit tidur atau insomnia. Makanan yang terlalu<span ></span>pedas<span ></span>dapat merusak kualitas tidur karena menimbulkan panas di tenggorokan dan perut.

Selain itu, suhu inti tubuh juga akan naik jika kita mengkonsumsi makanan<span ></span>pedas<span ></span>dan membuat kita terjaga di malam hari. Sayuran yang memiliki serat tak larut seperti brokoli ini akan susah dicerna dan membuatmu tetap terjaga di malam hari. Kita tetap terjaga karena tubuh sedang bekerja mencerna dari makanan ini.

Menjadikan<span ></span>kacang kacangan<span ></span>untuk cemilan di malam hari sambil menonton televisi memang nikmat. Tetapi jika kamu ingin kualitas tidur yang baik, para ahli tidak menyarankan konsumsi<span ></span>kacang kacangan<span ></span>di malam hari karena bisa memberi energi alami yang tidak dibutuhkan di malam hari. Bawang bombay mengandung serat larut atau disebut fruktan yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung.

Tekanan gas ini menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung karena asam lambung mengalir ke tenggorokan. Es krim mengandung lemak yang cukup banyak dan akan dicerna sangat lambat oleh tubuh. Kamu bisa menggantinya dengan yogurt jika ingin menikmati manis manis di malam hari agar tidak merusak kualitas tidur.

Bacon, pepperoni, dan sosis mengandung tyramine yang tinggi dan dapat membantu otak menghasilkan stimulasi norepinefrin. Daging olahan juga mengandung lemak dan protein yang tinggi dan susah dicerna. Proses pencernaan ini akan membuat kita susah tidur dan perut tidak nyaman.

You may also like

Leave a Comment