Home Travel Hari Ini Dalam Sejarah 9 September 1972 Indomie Diluncurkan Varian Rasa Sari Ayam Dan Udang

Hari Ini Dalam Sejarah 9 September 1972 Indomie Diluncurkan Varian Rasa Sari Ayam Dan Udang

by Nazira Khasanah

Indomie merupakan satu dari merek mi instan yang berasal dan populer di Indonesia. Indomie merupakan hasil produksiPT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Mi Instan pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada 1969.

Banyak yang meragukan bahwa mi instan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok. Namun karena harga yang relatif terjangkau, mudah disajikan dan awet, Indomie berkembang pesat seiring dengan diterimanya mi instan di Indonesia. Produk Indomie yang pertama kali diperkenalkan adalahIndomie Kuah Rasa Kaldu Ayam.

Pada tahun 1982 penjualan produk Indomie mengalami peningkatan signifikan dengan diluncurkannya varianIndomie Kuah Rasa Kari Ayam. Puncak kejayaan produk Indomie adalah pada 1983 yaitu dengan peluncuran varianIndomie Mi Goreng. Indomie saat ini merupakan pemimpin pasar untuk berbagai produk mi instan di Indonesia.

Indomie sangat dikenal dengan tagline ‘Indomie Seleraku’. ( ) <div id='Sejarah'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Indomie pertama kalidibuat dan diluncurkanoleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd. pada 9 September 1972 dengan varian Rasa Sari Ayam dan Udang.

Pada 1980 Indomie varian rasa Kari Ayam diluncurkan dan pada tahun 1982 Indomie varian Mi Goreng diluncurkan. Pada tahun 1984 PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd. dibeli oleh PT. Sarimi Asli Jaya. Pada 1990, PT. Panganjaya Intikusuma didirikan dan kemudian menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk atau sekarangPT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Pada 1991 Pop Mie yaitu mi instan cup dari Indomie diluncurkan untuk pertama kalinya dengan rasa ayam dan rasa baso. Pada 2005 setelah pergantian kemasan, Indomie berhasil memecahkan rekor Guinness World Records sebagai bungkus mi instan terbesar di dunia. Pada 2006 Indomie Goreng Kriuuk diluncurkan, dengan tiga pilihan yaitu kriuuk ayam, bawang dan pedas.

Pada 2009 gambar foto ilustrasi saran penyajian pada kemasan Indomie Goreng Spesial, Rasa Ayam Bawang, Rasa Ayam Spesial, Rasa Kaldu Ayam dan Rasa Soto Mie. Pada 3 Januari 2010 PT. Indofood CPB Sukses Makmur Tbk. memperkenalkan Indomie kemasan baru untuk semua varian rasa goreng, kuah, Selera Nusantara dan JUMBO dengan tagline ‘Indomie Seleraku’. Pada Agustus 2010 Indomie Keriting hadir dengan tiga rasa baru yaitu Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit, Goreng Rasa Kornet dan Rasa Laksa Spesial.

Selain itu juga dilakukan penggantian kemasan untuk varian Goreng Spesial dan Rasa Ayam Panggang. Pada akhir 2011 Indomie Goreng Rendang diluncurkan dengan tagline ‘Ini baru Rendang’. Pada Desember 2012 diluncurkan varian baru Indomie Goreng Cabe Ijo dengan tagline ‘Ijo, Mantap, Hot’ yang kemudian pada April 2013 diganti dengan slogan ‘Asli Cabe Ijo’.

Pada November 2013 diluncurkan varian baru Indomie Taste of Asia, yaitu rasa Tom Yum, Bulgogi dan Laksa. Pada Januari 2014 diluncurkan varian baru Indomie Goreng Iga Penyet dengan slogan ‘Dahsyat Iga Penyetnya!’ yang kemudian diubah pada Maret 2014 menjadi ‘Dahsyat Rasanya!’. Pada September 2014 diluncurkan varian baru Indomie Kuliner Indonesia, yaitu Mi Goreng Rasa Dendeng Balado dan Rasa Soto Lamongan.

Pada bulan September 2015 diluncurkan varian baru Indomie My Noodlez yaitu mi instan goreng pertama untuk anak anak yang dibuat dengan rumput laut dan wortel dengan taburan topping rasa Pizza Cheese, Rumput Laut dan Salmon Teriyaki. Pada Februari 2016 diluncurkan varian Mie Goreng Rasa Kuah, yaitu Mi Goreng Rasa Soto dan Mi Goreng Rasa Ayam Bawang. Selain itu juga diluncurkan varian baru Indomie Real Meat yaitu Mi Goreng Ayam Jamur.

Pada Mei 2016 diluncurkan varian baru Indomie Real Meat, yaitu Mi Goreng Rendang. Pada tahun yang sama juga diluncurkan Bite Mie, yaitu makanan ringan mi berbentuk bulat dengan rasa BBQ Pizza, Udang Tempura dan Rumput Laut. Pada Desember 2016 diluncurkan varian baru Indomie Kuliner Indonesia, yaitu Rasa Tengkleng yang hanya bisa didapatkan di Jawa Tengah dan Mi Goreng Rasa Tahu Tek yang hanya bisa didapatkan di Jawa Timur.

Pada Februari 2017 diluncurkan varian baru Indomie Goreng Sambal Matah dan Indomie Goreng Sambal Rica Rica. Pada tahun yang sama juga diluncurkan varian baru Indomie Real Meat, yaitu Mi Goreng Empal Goreng dan Mi Goreng Telur Balado. Pada Juni 2017 diluncurkan varian Indomie Vintage dengan desain kemasan lama yaitu Rasa Kaldu Ayam dengan desain kemasan tahun 1972, Rasa Kari Ayam tahun 1980 dan Mi Goreng tahun 1982.

Ketiga varian tersebut pertama kali dijual di Pekan Raya Jakarta 2017. ( ) <div id='IndomieInternasional'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Tidak hanya di Indonesia, Indomie milik PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. juga populer di negara lain misalnya Singapura, Malaysia, Hong Kong hingga Taiwan.

Bahkan Indomie telah menjangkau negara negara di kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika maupun Amerika. Awalnya sasaran utama target pasar Indomie adalah negara negara yang memiliki jumlah tenaga kerja asal Indonesia yang besar, seperti Arab Saudi, Taiwan, hingga Hong Kong. Namun kini PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. juga membidik pasar pasar baru yang potensial lainnya.

Kesuksesan Indomie dikarenakan kerja kerasPT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang konsisten sejak Indomie pertama kali dipasarkan ke negara lain pada 1992. Selain itu PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. juga memiliki pabrik di sejumlah negara, seperti di Malaysia, Saudi Arabia, Nigeria, Suria hingga Mesir. Indomie memiliki kepopuleran cukup tinggi di Nigeria dandiproduksi oleh De United Foods Industries Ltd.

Varian rasa Indomie yang populer di Negeria diantaranya Chicken Flavour (Rasa Ayam), Onion Chicken Flavour (Rasa Ayam Bawang), Pepper Chicken Flavour (Rasa Ayam Lada), dan Oriental Fried Noodles (Mi Goreng Oriental). ( ) <div id='FaktaUnik'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Berikut daftar fakta unik mengenai Indomie

Indomie dibuat dengan menggunakan tepung terigu kualitas terbaik dari Bogasari Flour Mils. Indomie juga menggunakan rempah rempah dan bumbu pilihan terbaik dari Kekayaan Alam Nusantara, diproses dengan sangat higienis, proses dengan standard internasioanal, dan teknologi berkualitas tinggi. Indomie memiliki tambahan fortifikasi mineral dan Vitamin A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat & Mineral Zat Besi.( )

<span>Selain telah bersertifikasiHalal dari Majelis Ulama Indonesia, pabrikIndomie telah disertifikasi ISO 9001:2001 danHACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point)dari SGS.</span> Sertifikasi ini membuktikan bahwa Indomie telah memenuhi persyaratan sebagai bahan pangan dengan standar Internasional. ( ) Indomie pernahmendapatkan masalah di Taiwan.

Hal tersebut dikarenakan penggunaanmethyl p hydroxybenzoate dan benzoic acid pada Indomie melanggar peraturan pemerintah Taiwan. Kedua zat tersebut di Taiwan hanya boleh digunakan untuk bahan kosmetik. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. segera meluruskan masalah tersebut karena Indomie telah lolos dan memenuhi badan standar makanan internasional. ( )

Kamis 6 Desember 2018 lalu Indomie dan Goods Dept resmi meluncurkan produk terbaru di Filosofi Kopi, Melawai. Hasil dari kerja sama tersebut adalah Indomie meluncurkan fashion item yaitu t shirt, tote bag, topi, dan lain sebagainya yanglangsung habis terjual. ( ) Seorang seniman lulusan Nanyang Academy Fine Arts (NAFA), Singapura, Jonathan Gustana menggunakan sepatu Nike seri Air Jordan 1 Mid bercorak triple white.

Sepatu yang memiliki warna dasar putih tersebut dimodifikasi menyerupai kemasanIndomie Goreng. Melalui akun Instagram @Mr.S.Custom Jonathan Gustana kemudian membuat penawaran untuk membuat sneakers modifikasi yang diberi nama Air Jordan 1 Indomie, dengan kuota 20 pasang. Air Jordan 1 Indomie dibanderol dengan harga Rp 3,3 juta sudah termasuk harga sepatu senilai Rp 1.649.000. ( )

<div id='VarianIndomie'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Berikut rangkuman jenis dan varian Indomie : <div id='Penghargaan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Berikut daftar penghargaan yang diperoleh Indomie :

You may also like

Leave a Comment