Home Kesehatan Empat Tanda Terjadinya Disfungsi Seksual & Faktor Penyebabnya

Empat Tanda Terjadinya Disfungsi Seksual & Faktor Penyebabnya

by Nazira Khasanah

Vaginismus atau penyakit disfungsi seksual bisa terjadi pada laki laki maupun perempuan. Disfungsi seksual ini merupakan ketidakmampuan menikmati hubungan seksual secara penuh. Disfungsi seksual bisa terjadi selama fase siklus respons seksual yang menghambat individu atau pasangan untuk mengalami kepuasan dalam kegiatan seksual.

Ada empat tanda yang memberikan isyarat kalau kontraksi otot di sekitar kemaluan berlebihan alias disfungsi seksual yakni gangguan libido atau hasrat seksual, kedua gangguan orgasme. Tanda yang ketiga terjadi rangsangan seksual dan yang keempat terasa nyeri ketika sedang melakukan hubungan seksual. "Jadi tidak bisa menikmati hubungan seksual, kemudian mengalami nyeri juga saat melakukan kegiatan sex jadi dia ketakutan untuk berhubungan, jadi hasrat seksualnya jadi berkurang sehingga dia membutuhkan rangsangan yang jauh lebih intens," kata dr. Grace Valentine, SpOG dari Bamed Women',s Clinic di Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

Penyebabnya disfungsi seksual ini pun beragam diantaranya karena penyebab fisik yakni gangguan pada organ genitalia, bekas operasi daerah genitalia, dan adanya penyakit tertenti seperti jantung, dan diabetes. Faktor psikologis juga bisa memengaruhi misalnya karena stres dan kecemasan terkait aktivitas sehari hari, trauma seksual pada masa lalu, kekhawatiran saat hamil atau perubahan situasi saat menjadi ibu baru. Perubahan hormonal usai kehamilan, gaya hidup yang buruk dan konflik berkepanjangan dengan pasangan juga dapat menurunkan gairah dan respon seksual wanita.

"Gangguan fungsi seksual satu bisa menyebabkannrespon seksual lainnya, karena manusia itu kan banyak faktor ada faktor psikis, faktor psikologis yang menyebabkan banyak gangguan," pungkas dr. Grace Valentine. Untuk terapi penyembuhan vaginismjs dibutuhkan kolaborasi antara psikiatri dan ginekolog untuk melakukan terapi yang terarah.

You may also like

Leave a Comment