Home Sains Disebut Berpotensi buat Atasi Covid-19 TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Antivirus Remdesivir

Disebut Berpotensi buat Atasi Covid-19 TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Antivirus Remdesivir

by Nazira Khasanah

<div ><div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Remdesivir adalah obat antivirus yang sedang diteliti dan dianggap memiliki potensi untuk mengatasi infeksi virus Corona atau COVID 19. Remdesivir merupakan antivirus yang memiliki spektrum luas dan sempat diteliti untuk mengatasi Ebola, MERS, dan SARS.

Sampai saat ini belum ada obat yang benar benar efektif untuk mengatasi infeksi virus Corona atauCOVID 19. Sejumlah obat termasuk remdesivir sedang diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya dalam mengatasi infeksi virus ini. Remdesivir adalah antivirus berspektrum luas.

Berdasarkan perannya sebagai antivirus tersebut, kini Remdesivir tengah diuji potensinya untuk mengobati penyakit yang disebabkan olehvirus coronajenis baru yang disebut COVID 19. Saat masuk ke dalam tubuh, coronavirus berkembang biak dengan cara menyalin materi genetik mereka menggunakan enzim yang disebut RNA (dependent RNA polymerase). Memanfaatkan fakta tersebut,sebuahpenelitianterdahulu kemudian mengujikan Remdesivir pada corona virus penyebab MERS.

Hasilnya, Remdesivir ternyata dapat membuat blok terhadap enzim RNA. Akibatnya, tak lama setelah Remdesivir bereaksi, virus tidak mampu memperbanyak diri karena enzim yang dibutuhkan telah diblokir. Jika perkembangan virus telah terhenti, proses pemulihan pasien dapat terjadi lebih cepat.

<div ><div id='PeringatanSebelumMenggunakanRemdesivir'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> <ul> <li>Jangan menggunakan remdesivir jika Anda memiliki alergi terhadap bahan atau kandungan dalam obat ini.</li> <li>Jangan menggunakan remdesivir bila Anda menderita penyakit ginjal atau penyakit liver.</li> <li>Jangan menggunakan obat ini jika Anda sedang menjalani cuci darah.</li> <li>Jangan menggunakan remdesivir jika sedang hamil atau menyusui.</li> <li>Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi obat ini</li> </ul></h2></li></ul> </div></div> <div ><div id='DosisdanAturanPakai'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Hingga saat ini, data yang tersedia mengenai dosis remdesivir untuk mengatasi COVID 19 masih sangat terbatas.

Pada beberapa uji coba yang dilakukan, dosis yang diberikan adalah 200 mg pada hari pertama, dilanjutkan 100 mg pada hari kedua dan selanjutnya. Lama pengobatan dalam penelitian ini berkisar antara 5–10 hari. <div ><div id='InteraksiRemdesivirdenganObatLain'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

Penggunaan satu obat bersamaan dengan obat lain dapat menimbulkan interaksi, begitu juga dengan remdesivir. Data yang ada saat ini menyatakan bahwa remdesivir tidak boleh diberikan bersama obat antivirus lain yang juga sedang diuji coba untuk mengatasi COVID 19, seperti lopinavir dan ritonavir. Obat golongan antivirus ini tersedia dalam bentuk suntik.

Obat resep ini hanya boleh disuntikkan oleh dokter atau oleh petugas medis di bawah pengawasan dokter. <div ><div id='EfekSampingdanBahaya'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Seperti telah disebutkan di atas, remdesivir masih dalam tahap uji coba.

Oleh sebab itu, efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan obat ini belum diketahui. <div >

You may also like

Leave a Comment