Home Kesehatan dari Melawan Kolesterol hingga Menurunkan Berat Badan 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon

dari Melawan Kolesterol hingga Menurunkan Berat Badan 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon

by Nazira Khasanah

Selain rasanya yang manis, buah melon ternyata memberikan banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah melon yang memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat dari buah melon ini?

Melon mengandung dua jenis serat, larut dan tidak larut. Serat larut membantu menyeimbangkan gula darah, karena dapat memperlambat penyerapan karbohidrat. Kandungan serat dapat meredam kolesterol LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat' yang terakumulasi sebagai hasil dari plak.

Kandungan potasium yang tinggi dalam melon sangat ideal bagi orang yang menderita hipertensi. Kandungan kalium membatasi kenaikan tingkat tekanan darah, dan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan. Kandungan serat yang tinggi dan kalori rendah dalam melon, dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat dapat membantu proses pencernaan, mengurangi kejadian masalah terkait pencernaan seperti sembelit. Kandungan air yang tinggi dan rendah kalori membantu menjaga tubuh tetap kenyang, sehingga dapat mengurangi keinganan makan yang berlebih. Melon mengandung banyak kalsium, hal itu tentu dapat memperkuat gigi dan tulang.

Memasukkan melon dalam menu diet membuat kita memiliki tulang dan gigi yang lebih kuat. Kandungan Vitamin C dalam melon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik mampu sebagai dinding yang kuat melawan perkembangan lemak, dan bakteri penyebab penyakit.

Melon kaya akan zeaxanthin dan lutein. Kedua zat ini sangat penting untuk kesehatan mata kita secara keseluruhan. Bahkan, konsumsi harian phytonutrisi dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata dan katarak.

Kandungan vitamin C dalam buah melon membantu menyehatkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang memastikan peningkatan sel kulit dan sel darah kita.

You may also like

Leave a Comment