Home Bisnis BUMN Bidang Jasa Keuangan TRIBUNNEWSWIKI – PT Danareksa

BUMN Bidang Jasa Keuangan TRIBUNNEWSWIKI – PT Danareksa

by Nazira Khasanah

<div ><div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> PT Danareksa merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang jasa keuangan. Perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama dibidang pasar modal dan pasar uang.

Meliputi antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksadana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan. <div ><div id='StatusKepemilikan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div>

PT Danareksa (Persero) sepenuhnya (100%) dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT Danareksa (Persero) mempunyai anak perusahaan – anak perusahaan seperti PT Danareksa Capital (kepemilikan 99,90%), PT Danareksa Finance (kepemilikan 99,99%), PT Danareksa Investment Management (kepemilikan 65%), PT Danareksa Sekuritas (kepemilikan 33%), dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (kepemilikan 67%). Dengan berjalannya waktu dan meningkatnya pemahaman Danareksa di industri keuangan, bisnis yang dijalankan tidak hanya memberikan produk produk dan layanan keuangan di pasar modal, namun juga diperluas dengan aktivitas sebagai salah salah satu penyedia layanan interbank switching di ekosistem pembayaran nasional, melalui PT Jalin Pembayaran Nusantara.

<div ><div id='Sejarah'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> Sejarah PT Danareksa (Persero) tidak lepas dari sejarah Pasar Modal Indonesia yang dimulai sejak 1912 bernama Bursa Efek Batavia. Namun, akibat Perang Dunia ke dua Bursa Efek Batavia tutup dan dibuka kembali pada 1952.

Tidak berlangsung lama, sejak 1958, Bursa Efek pun mengalami mati suri akibat minimnya transaksi. Pendirian Perseroan berawal dari hasil keputusan Sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional pada 21 Desember 1976. Selanjutnya pada 28 Desember 1976, PT Danareksa (Persero) didirikan berdasarkan Akta No.74 Notaris Julian Nimrod Siregar gelar Mangaradja Namora, SH.

Tahun 1992, Perusahaan melakukan restrukturisasi organisasi dengan membentuk empat Entitas Anak dan PT Danareksa (Persero) sebagai Entitas Induk. Empat Entitas tersebut adalah PT Danareksa Sekuritas yang fokus di bidang penasihat keuangan dan perantara perdagangan efek; PT Danareksa Investment Management fokus di bidang reksa dana; PT Danareksa Finance bergerak di bidang pembiayaan, dan PT Danareksa Capital berdiri dengan fokus di bidang investasi dan private equity. Pada tahun 2019, PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) dialihkan 67% sahamnya kepada Danareksa.

Hal ini memperkuat lini usaha Danareksa Group, yang tidak hanya di Pasar Modal saja, namun juga industri perbankan dan jasa keuangan lainnya. <div ><div id='VisiMisidanTujuan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div></div> <div >

You may also like

Leave a Comment