Home Nasional Berikan Cara Pencegahan Virus Corona Mendagri Tito Sebut Indonesia Beruntung Ada di Daerah Tropis

Berikan Cara Pencegahan Virus Corona Mendagri Tito Sebut Indonesia Beruntung Ada di Daerah Tropis

by Nazira Khasanah

Indonesia telah mengumumkan kasus virus corona baru Covid 19 pertama yang menjangkit dua warga Depok pada Senin (2/3/2020). Dengan pengumuman tersebut, maka untuk kali pertama ada penemuan orang terinfeksi virus corona di Indonesia. Terkait hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turut angkat bicara.

Ia mengatakan, Indonesia masih beruntung karena berada di daerah tropis. Oleh karena itu, Tito meminta warga untuk memanfaatkan kondisi tropis Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Tito saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke 70 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 58 di eks Bandara Selaparang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu, Tito juga mengimbau masyarakat untuk memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus. "Upaya dalam langkah preventif yakni kita harus memperkuat daya tahan tubuh, seperti olahraga, makan makanan yang bervitamin," ungkapnya. Sebelumnya, Titomengimbau masyarakat tidak panik menghadapi penyebaran virus corona yang mulai masuk ke Indonesia.

Menurutnya, pemerintah telah melakukan langkah terbaik dalam menangani virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China tersebut. Ia mengatakan, Pemerintah Indonesia juga telah melakukan koordinasi dengan negara lain dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. "Kita sudah koordinasi di tingkat internasional yang dilakukan oleh kementerian luar negeri."

"Kemudian koordinasi dengan pihak kesehatan untuk melakukan penanganan," ujar Tito. Selain itu, Tito juga meminta masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menanggapi kabar yang beredar seputar virus corona. Ia menegaskan, jangan sampai informasi tersebut justru memberikan dampak buruk bagi perekonomian dan keamanan bangsa.

"Intinya tidak membuat masyarakat panik, jangan sampai efek domino masyarakat takut keluar untuk bekeja." "Sehingga menyebabkan terjadi gangguan ekonomi dan keamanan bangsa kita," tegas Tito. Diketahui, WNI yang positif terinfeksi virus corona tersebut adalah warga Depok, seorang ibu berusia 64 tahun beserta sang putri yang berusia 31 tahun.

Kedua Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut sempat melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Sementara warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Kedua WNI tersebut, saat ini telah dirawat di Rumah Sakit Pusat Inveksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto,kedua warga Depok tersebut terdeteksi virus corona sejak 1 Maret 2020.

You may also like

Leave a Comment