Home Travel 5 Buah Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Ramadan Alpukat hingga Pisang

5 Buah Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Ramadan Alpukat hingga Pisang

by Nazira Khasanah

Selain sayuran, buah buahan menjadi satu sumber vitamin dan mineral. Tak perlu diragukan lagi, jika buah buahan juga baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan serat yang terkandung di dalam buah mampu membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu akan makan lebih sedikit.

Nah jadi buat kamu yang gampang lapar saat bulan Ramadan, bisa mencoba mengonsumsi buah buahan berikut ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menemukan, makan setengah buah alpukat saat dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa 22 persen wanita yangmengonsumsi alpukatmerasa lebih puas dan sebesar 24 persen merasa keinginannya menurun untuk makan setelah tiga jam dibanding wanita yang tidak mengonsumsi alpukat.

Alpukat mengandung serat sekitar 13,5 gram per buahnya, selain itu alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang tentu baik untuk tubuh. Makanan yang tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga rasa lapar akan datang lebih lama. Untuk itu, alpukat merupakan buah yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama saat Ramadan.

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan bisa membuat kenyang lebih lama. Jika kamu memakan satu buah apel sedang dengan kulitnya, maka itu artinya kamu telah mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram. Ya, jika makan apel, jangan lupa untuk makan dengan kulitnya juga.

Justru di dalam kulit apel terkandung banyak serat dan juga fitokimia yang tentu bermanfaat untuk tubuh. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bantuan apel, maka kamu bisa makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum makan. Ini akan membantu kamu untuk makan lebih sedikit.

Seperti yang dikatakan oleh Presiden Wellness Workdays, Debra Wein RD yang mengatakan bahwa serat dan air dari apel akan membuat kenyang, sehingga kamu akan makan lebih sedikit. Seperti apel, pir juga mengandung banyak serat jika dimakan dengan kulitnya. Satu buah pir sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat.

Bahkan, pir mengandung serat yang sedikit lebih banyak daripada apel, sehingga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Raspberry merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Satu gelas raspberry mengandung serat sekitar 8 gram, ini memberikan sekitar sepertiga kebutuhan serat per hari.

Jika setiap hari kamu makan satu gelas raspberry, mungkin kamu bisa memenuhi kebutuhan serat disertai dengan tambahan dari makanan berserat lainnya. Selain kaya serat, raspberry juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentu dibutuhkan oleh tubuh. Di Indonesia, pisang sudah biasa menjadi buah yang disajikan setelah makan.

Selain karena harganya yang lumayan murah, pisang juga mengandung banyak zat gizi, sehingga bisa menjadi pencuci mulut yang menyehatkan. Selain itu, ternyata buah pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3,1 gram.

Jadi, jangan lewatkan untuk makan satu buah pisang setelah makan bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

You may also like

Leave a Comment